Halaman

Rabu, 02 Juli 2014

Objektif? Subjektif?

Hai hai..
Selamat menjalankan puasa di bulan Ramadhan 1435H teman-teman :) 
Semoga Ramadhan kali ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, mari berlomba-lomba dalam beribadah di bulan suci ini. 

Okai sebenernya ga mau posting kekesalanku ini sih. Tapi still lagi sebel, ditambah sebel, jadinya masih sebel. *ash ga jelas*
Jadi pada intinya teman-teman, tau kan posting saya sebelum ini adalah tentang OSCE? Nah hasil nilai OSCE nya sudah keluar. Alhamdulillah lulus, tapi saya kecewa, pake banget sama dokter yang menguji.
Maaf ya dokter, sungguh beneran kecewa soalnya.

Disaat teman-teman yang lain dengan mudah dapet 100, dokter di stasion ku hanya ngasih 80an. Jujur ya aku maklum kalau itu materinya bukan RJP. Tapi di materi RJP yang saya harapkan dapat nilai sempurna, ternyata dikasih segitu sama dokternya. Saya sampai bingung, apa yang kurang?

Dalam lubuk hati jelas malu. Kenapa? Saya koordinator pelatihan di TBM, yang pelajaran kita selama ini adalah RJP. Kedua, saya koordinator PNOL tahun lalu, yaitu latihan RJP untuk mahasiswa baru. Terus pada kenyataannya di lapangan, saya dikasih nilai segitu (?). Padahal istilahnya "sehari-hari RJP udah saya makan, 5x sehari kali" *lebay*.

Yah adakalanya mungkin saya meremehkan, mungkin. Saya menganalisis, mungkin tdk dikasih sempurna karena beberapa poin tidak diucapkan. Misal cek nadi selama 10 detik di nadi a. carotis communis. MUNGKIN, itu salahnya. Dan mungkin high quality CPR yang poin nya tidak diucapkan? Atau dirasa RJP saya kurang memuaskan (?) Saya bingung tapi, setahu saya, kalau ujian OSCE itu praktek, kalaupun ada teori yang harus diucapkan biasanya akan diingatkan. Saya sampe bingung, padahal jika dirunut, ngga ada yang salah, kecuali, YA KECUALI. PERTANYAAN "DEK, KAMU LAGI HAMIL NGGA??" dan itu menghentikan saya melakukan RJP. MUNGKIN itu adalah jebakan terhadap salah satu poin RJP, yaitu minimalisir interupsi. Kalau dokternya memposisikan benar-benar sebagai penguji, bukan itu yang diucapkan, karena bikin buyar antara ngetes ujian atau diluar ujian.

Kalau iya, itu diatas adalah kekurangan saya, dan nilainya jadi ngga sempurna. Kadang masih belum bisa ikhlas, karena ada beban di pundak saya, saya pernah mengemban apa-apa yang berkaitan dengan RJP. Tapi dikasihnya segitu. Teman saya yang di stasion sama juga nilainya 80an.. Sedangkan di stasion lain bisa dapet 100..

Ini yang tidak saya sukai dengan ujian OSCE.
Untung-untungan dapet dokternya. Belum lagi standar dokter ngasih nilai sempurna (2) di ceklist itu JELAS, kalo masalah ini berbeda. Jujur ini bikin nangis selagi puasa kemarin. Apa daya, sebenarnya nilai bukan segalanya. Kata temenku, "yang penting di lapangan sebenarnya kamu bisa ngelakuin hal itu"
Itu yang aku camkan baik-baik.

Makasih ya dok, sudah buat saya kesel bukan main, kecewa pake banget terhadap diri saya, dan malu tingkat tinggi juga terhadap diri saya. Mungkin ini tamparan, atas sesuatu yang mungkin suatu saat saya akan mengerti, kenapa dokter menilai saya begitu.

Semoga benar-benar setelah ini, bisa ikhlas, di ujian OSCE yang terakhir ini saya ikhlas dinilai oleh dokter, dengan nilai menurut standart dokter dan tentunya dengan kemauan dokter menilai saya apa (subjektif atau objektif). Semoga di sisi yang dokter tidak nilai itu sempurna, besok hari di koas ataupun di praktek ketika saya sudah menjadi dokter saya bisa seperti yang dokter tetapkan dalam standar dokter bahwa itu adalah sempurna.

#MAAF
ini posting ngga jelas. haha..........
LALALALLALALALLLALALALA....
Saatnya melihat kedepan!!!!!!!!!!!!!!!!!!! 

Tidak ada komentar: