Halaman

Rabu, 18 Juni 2014

Last OSCE !

:) 

Assalamu'alaikum wr. wb.

Yeeeeee alhamdulillah, kemarin saya dan 1/2 angkatan dari teman-teman KU 2010 sudah menyelesaikan OSCE Blok 24, OSCE terakhir dari perjalanan S1 kedokteran umum di FKIK UMY. 1/2 angkatan nya lagi baru ujian besok Jum'at. Nah, apa itu OSCE?

OSCE = Objective Structure Clinical Examination 
OSCE merupakan ujian praktikum Skill Lab, dimana waktu skill lab kami belajar tentang keterampilan-keterampilan untuk menjadi dokter, mulai dari anamnesis (tanya-tanya riwayat penyakit pasien) sampai melakukan tindakan (persalinan, pemasangan alat bantu nafas, jahit luka, pemeriksaan visus dst... *banyak). Kalo menurut saya dan teman-teman, ujian ini yang bikin paling khawatir dan deg-degan di tiap akhir blok. Karena kami praktek sendiri dan penilaian nya sangat terstruktur, karena dinilai sesuai checklist.

Jadi misal dari checklist itu ada urutan tindakan yang harus kami lakukan saat ujian, kalau tidak dikerjakan nilainya 0, dikerjakan tapi tidak sempurna nilai nya 1 dan dikerjakan dengan sempurna maka nilainya 2. Kemudian ditotal keseluruhan dari poin-poin yang ada di checklist itu.

Di ujian ini ngga bisa yang namanya nanya temen, nyontek, lirik sana, lirik sini. Karena waktu ujian ini kami masuk station sendiri-sendiri dan melakukan penanganan sesuai dengan kasus. Kata temenku, ujian OSCE itu walaupun udah dilalui berkali-kali, tetep aja waktu mau OSCE masih berasa seperti OSCE yang pertama kali. A.K.A berapa kali pun kami udah OSCE tetep aja deg-degan, takut, khawatir dan teman-teman sejenis mereka yang lain.

Nah, OSCE itu kadang nilai bagus bisa untung-untungan. Bisa karena kita benar-benar perfect melakukannya, bisa juga karena dapet penguji yang baik hati. Pernah nih, dulu saya OSCE, dapet dokter yang eheeem... perfect banget kalau menilai. Saya merasa sudah melakukan dengan sempurna, ternyata dinilainya kurang. Huks, ada juga dokter yang baik hati, yang gampang sekali memberikan nilai maksimal, tanpa repot nanya-nanya ngetes ditengah ujian. Jadi kadang kami curi-curi informasi ke teman kloter awal yang sudah ujian.

A : "Eh eh km dapet station brapa??? Dokter siapa?? Enak ngga??"
B : "Dapet dokter ................. , enak kok dokternya."
atau 
C : "Dapet dokter ................., ga enak...."

Dan biasanya kami dapat membaca wajah teman-teman kami, apakah ujiannya dirasa berhasil atau tidak. Karena raut muka setelah keluar dari station itu benar-benar WOW. Ada yang senang, lega, ada yang sedih dan penuh penyesalan karena lupa mengerjakan salah satu poin checklist biasanya.

Tetep aja,, kalau dalam 1 blok, dan sudah melalui OSCE, rasanya LEGAAAAAAAAAAAA, kayak iklan Adem Sa** yang belakangnya air terjun itu atau rasanya kayak baru terjun Bungee Jumping dan sampai dibawahnya. Pokoknya legaaaaaaaaaaa sekali.

Haha, oke oke itu sekedar cerita tentang OSCE. Nah sekarang ini judulnya Last OSCE! Yap alhamdulillah ini OSCE terakhir saya dan teman-teman KU 2010. Ujian kami kemarin ada 5; pemasangan endotracheal tube, resusitasi jantung paru, penanganan fraktur terbuka, penanganan fraktur tertutup dan visum et repertum. Nah, biasanya yang diujikan ngga semua, tapi surprise ketika masuk station dapet kasus yang mana.

Nah, kemarin nih ceritanya saya belajar OSCE di rumah Timeh, di rumahnya yang 1 kamar bisa diisi kami berpuluh orang haha.. Pokoknya kami menginvasi rumah Timeh dan belajar disana. Awalnya saya pengen pulang jam 11 malem, tapi karena dibujuk rayu oleh teman-teman, dan sebenarnya agak males pulang ke rumah, akhirnya nginep disana. Dan biasa belajar, ngobrol, belajar, ngobrol, eeeeh trus ngorok, bangun, belajar lagi, eh ketiduran lagi. EEEEEH udah pagi, EEEEEEH WAH HARUS PULANG DAN MANDI. Hahhaa...

OSCE kami kemarin siang, jadi paginya masih sempat ada waktu untuk belajar, walaupun harus tutorial dulu dan saya ngga cari bahan *huks*. Detik-detik menjelang OSCE pun datang, anak-anak bertebaran disana sini di area ruang skill lab menunggu giliran ujian, sebelah sana ngomong sendiri sambil ngafal, sebelah sini praktek sama temennya, sebelah ujung sana mau tumbang gara-gara belum makan, sebelah ujung sana nya lagi kebelet be** gara-gara saking geroginya mau ujian haahhaha.

Akhirnya detik-detik dipanggil masuk pun datang. Ujian pertama adalah penulisan Visum et Repertum, untuk kasus-kasus kayak penganiayaan dsb, alhamdulillah yang kemarin dikira harus ngafalin isi-isi sampai kalimat per kalimat nya, eh ternyata dikasih contoh nya di meja nya. Cuma deskripsinya dll nya yang kami teruskan sendiri. Alhamdulillah pakai banget, tapi gara-gara saking geroginya, saya sampe ngarang nama RS nya, dan nomer Rekam Medis padahal tertera di suratnya. OH MEN, langsung buru-buru ganti. Udah tulisan kayak cakar ayam lagi. Teeeeeeeeet ujian kedua.

Masuk stase disebrang, bersebrangan dengan teman yang bertukar tempat ujian

Aku : "Miraa kamu dapet apa? Dokter siapa?"
Mira : "Dapet dokter *****, enak koq. Fraktur terbuka"
Aku : "Okeh"
Langsung masuk
Yak dan diujilah melakukan Resusitasi Jantung Paru, biasanya di TBM ini udah sering pake bangeeeet, tapi kemarin saking geroginya, aku sampe berkata aaa eem aaa em di awal ujian. Kemudian sampailah di kompresi dada.
Aku : (berseru hitungan) "1 2 3 4 5 6 .........dst 30" 
*giliran mau ventilasi, aduh ini mulutnya udah dibersihin belum ya sama dokternya?? kalo ngga nyium mulutnya si Mira nih -- ngga papa deh bodo* 
Ventilasi "fuuuuuuh...... fuuuuuh" 

Kompresi lagi 

Sampai lah pada siklus ketiga.. 

Dokter : "Dek, kamu ngga lagi hamil kan?"

Aku
(*dengan tatapan mata membelalak WHAAAT?* "heeeem?? enggak doook *sambil kompresi lagi*) 

Dokter : "Ya sudah diteruskan"

Aku
"1 2 3 4 5" + huh hah capek kompresi --> tiba-tiba berfikir,.. emang perutku gede ya? kompresi sambil ngeliatin perut. "1 2 3 4 5 ..... dst...." dalam hati -- enggak tuh, rata aja perutku, ah dokternya bilang gitu biar ngga nyiksa kalo misal orangnya hamil. hmmmmm

Makin lama hampir hitunganku buyar, rasa ngantuk mendera, dan deru kerucuk perut yang lapar...
Tiba-tiba ada sinar-sinar kecil seperti kunang-kunang di tangan tempat aku kompresi dada. 
Oh men ada bintang! Hahaha... 
*halusinasi visual selama kompresi*

Alhamdulillah akhirnya kasus RJP selesai, tapi ngga tau ada apa dengan tanganku, setiap habis RJP pasti kemerahan dan nyeri, besoknya hematom, padahal baru berapa siklus. Belum lagi kalau nanti di lapangan. Kemudian dilanjutkan ke penanganan Fraktur Tertutup.
YIEEEEEEEEE. Yah yang pas penangan fraktur ini rada-rada deh, haha.. Tapi alhamdulillah... Setelah 20 menit ujian selesai,... Saya dan teman-teman keluar station dengan perasaan legaaaaa.. Dan biasa, percakapan kami selepas ujian adalah "kamu dapet dokter siapa?" "kasusnya apa?" "gimana bisa?" dan yang lainnya..

Tidak terasa, sudah 24x ujian OSCE.. Kedepannya lagi, tinggal 1 ujian OSCE ---
yaitu OSCE UKDI 2 tahun lagi setelah koas. Awwwwwwwwww. Doakan aku ceman-ceman.

Segala puji bagi Allah SWT. Hampir menyelesaikan S1 ini, walau masih belom ujian MCQ blok ini sih. Walau kuliah kedokteran umum di UMY 4 tahun, tak apo.. Padahal univ lain 3 1/2 tahun. Tak apo.. Bahagia jadi bagian UMY yang Unggul dan Islami whuiiis. Tempat ketemu teman-teman yang shalih dan shalihah. Dikelilingi oleh teman-teman yang menjaga auratnya, dikelilingi oleh suasana yang Islami. Dibiasakan menghafal Juz Amma, yang dievaluasi hafalannya. Diingatkan jika berpakaian kurang menutup. Diajarkan terjun ke RS lebih cepat dengan KOMUDA. Pokoknya alhamdulillah saya kuliah di UMY.

Selanjutnya sih, pengen lanjut ke tetangganya UMY, yaitu UGM. Ambil spesialis, tapi harus siap mental, lahir dan batin, juga kocek. Ehem diulang lagi, kocek. Hahaha... Ya sudah, sekian curcolnya teman-teman. Only a diary of my daily life. Dibaca tidak dibaca pun tak apa. Semoga bermakna, jika suatu saat saya baca postingan ini berpuluh-puluh tahun kedepan, saat sudah menjadi seseorang. :)

Wassalamualaikum wr. wb.

after OSCE 

Tidak ada komentar: