Halaman

Kamis, 27 Februari 2014

1 syarat S.Ked almost done!

Assalamualaikum

WHAAAW lama banget saya ngga nulis rasanyaaah. Berhubung lama banget wifi di rumah trobel mulu, akhirnya di kesempatan ini saya dapat menulis lagi. hihihi.. Ini udah jam 23.41 kira-kira 2 jam yang lalu kepala saya pusing, karena baru pulang malem, pulang-pulang belom makan disuruh nyarin tiket pesawat, udah gitu pake lama lagi, pusing sinusitis kambuh.. Akhirnyaaaa saya semprotkanlah dekongestan hidung, yang mana melegakan hidung, tapi pada kondisi saya saat ini, menyebabkan efek samping, hidung gatal-gatal, bersin, dan ingus yang turun deras layaknya air terjun, dan bayangin, habis itu BERSIN lagi! Ga kebayang kalo ga cepet dapet tissue, bisa lari kemana bersin nya. Karena bersin nya manusia punya kecepatan secepat kereta api, bahkan secepat kereta api nya orang Jepang. Subhanallah..

Itu dia prolognya. Nah, alhamdulillah prakanca.. Setelah hampir setahun yang lalu, saya menangis menderu-deru dengan teman saya, menyesali apa yang kami perbuat #lhoh. Tenang-tenang, maksud kami, adalah saya dan teman saya Bebeb Yuni, teman seperjuangan KTI saya. Blok 17 kira-kira setahun kurang, saya dan Yuni teman saya menjalani blok paling menyiksa sepanjang yang pernah kami rasakan.

Blok 17 adalah blok Metodologi Penelitian. Jadi ceritanya guys, sejak tahun pertama saya (1 1/2 mungkin) di UMY, saya sudah dapat dokter pembimbing, namun di bidang IKM dan pada waktu itu saya sudah bantu PKM kakak kelas, dan saya berhak menjadikan PKM itu menjadi judul KTI saya. Oh iya, KTI itu Karya Tulis Ilmiah alias skripsi kalau disebut di fakultas lain. Namun pada saat detik-detik blok 17, saya merasa jengah dan tidak ingin melanjutkan judul PKM tersebut, karena saya lebih tertarik di bidang Fisiologi. Teman-teman 1 bimbingan sudah menanyakan berkali-kali, "kamu yakin sar?" jawab: "iya yakin". And then bye.... aku meninggalkan teman-temanku, yang ngga lama kemudian, langsung sidang KTI dan aku sama sekali belum melakukan apa-apa pada penelitianku yang baru ini.

Hari demi hari di blok 17 berasa SANGAT - SUNGGUH MENYIKSA. Bayangkan saudara, minggu ke-2 dari blok, disaat kami seharusnya sudah menggarap bab ii, namun saya dan teman saya BELUM MENDAPATKAN JUDUL APAPUN. Usulan judul jangan ditanya, BANYAK SAAAY~~~ tapi hampir dari semua judul itu tidak diterima, or lebih halusnya kami merasa judul itu selalu diragukan oleh sang dosen. Beliau sama sekali tidak memberikan kemudahan seperti teman-teman saya di dokter bimbingan lain. Beliau ingin judul itu MURNI dari MAHASISWA.

Setelah melalui masa-masa pelik, berantem, perang dingin, ngadu *halah. Akhirnya judul kami diterima, dengan 2 judul berbeda, di populasi yang berbeda, dengan alat pengukuran yang hampir sama. Namun bukannya masuk dalam hal FISIOLOGI, namun pada akhirnya judul KTI saya masuk ke bidang NEUROLOGI. Bayangpun, betapa saya tersesat dari IKM ke FAAL dan akhirnya ke NEUROLOGI.

Jangan ditanya setress nya gimana, yang jelas semua orang yg lagi bikin skripsi itu lagi memeras otak, serta tenaganya untuk berfikir. Melamun ketika tidak ada inspirasi. Menulis jika teringat deadline. Tidak tidur ketika belum selesai, dan akhirnya hura-hura ketika selesai. Hihihi..

Mohon dicatat saudara-saudara. SAYA SUDAH SIDANG TAPI BELUM SELESAI REVISI. Hihi...
Mungkin untuk teman-teman sekalian di luar FK, SKS Skripsi mungkin bs sampai 6 SKS, namun untuk kami di FK UMY cukup 3 SKS. Karena untuk jadi lulusan dokter, yang lebih penting adalah UKDI (Ujian Kompetensi Dokter Indonesia), dimana kalau tidak lulus itu, tidak bisa praktek jadi dokter.

Alhamdulillah,,, saya dan Yuni akhirnya sudah sidang. Kalo ngga salah tgl 23 Januari 2014 *sampai lupa hihi. uuups, hampir sebulan belum dikerjain revisinya. >.<''
Ketika sidang, yaaaaaaa alhamdulillah bisa jawab, alhamdulillah ada salah jawabnya juga, tapi saya senyum-senyum aja, pasang muka tidak bersalah dan kedip kedip mata ke dosen penguji *imajinasi*.

Dari 24 blok di FK UMY ini, sekarang saya di blok 22 (Kedokteran Keluarga). Artinya tinggal 2 blok lagi, kemudian saya yudisium dan wisuda S.Ked. Kemudian KOAAAAAAAAAS!!!!! Let's go to the jungle (jungle = RS = koas --> katanya sih... strata paling rendah, dan hina --> kata kakak kelas:
"Gimana mas koas nya????"
"Ya gitu deh, kamu tau ngga keset???"
"ehem..."
"Iya bayangin tuh keset banyak bakterinya kan?? ya itu koas, bakterinya, diinjek-injek disitu"
"hmmmm oke."

Yah tapi itu hanya mungkin 1/12 sisi dari koas, ngga mungkin juga diinjek-injek mulu, hihi.. Yah insya Allah September mungkin mulai, tapi ngga tau juga ding.. *PLAK* selese BLOK AJA BELOM, REVISI JUGA BELOM! HIHIHI...

Okeh,, sekian dulu ceman-ceman... Saatnya saya belajar tutorial, niatnya belajar, tapi gatau semoga ngga ketiduran. Semangat buat teman-teman yang lagi nggarap SKRIPSI/TUGAS AKHIR OR apapun itu!!! Memang sudah masanya kita untuk nggarap dan cepet LULUS! YEAAH.

Bersama para saksi sidang :) 

Bersama dr.Ikhlas M.Jenie (Dospem)

Bersama Timeh Ratu MC

with Erda Suhaila


With Mama Danyet yang selalu nemenin kami

My bestfriend ever sekaligus mantan sahabat 1 dospem

Foto lagi sama Erdaaaa

Kami sudah bisa gaya dan senyum hahaha

Just remember friend, the night before, the days before, all of the tears and sweats are paid! 

Ama Moooh yang baiiiik banget selalu bantu aku dan Yuni, sekaligus nyiapin konsumsi kami

anggap saja bentuk Cinta haha

Kami adalah TRIO GEMBEL, dan aku yg paling terakhir sidang

Thankyou guys :) 

3 komentar:

johan mengatakan...

Curhat di blog enak ya bisa dibaca oleh banyak orang

liyansyibyan.blogspot.com mengatakan...

Kak, kalau di univ lain benarkah dapat gelar S. Ked hanya dalam waktu 3,5 tahun? Apa hanya di UMY aja yang 4 tahun?

liyansyibyan.blogspot.com mengatakan...

Kak, kalau di univ lain benarkah dapat gelar S. Ked hanya dalam waktu 3,5 tahun? Apa hanya di UMY aja yang 4 tahun?