Halaman

Selasa, 12 Juli 2016

Count Down - Satu Bulan Lebih Enam Hari-

Assalamualaikum wr. wb. 

Berhubung masih dalam suasana bulan Syawal, mohon maaf lahir dan batin ya guys. Mohon dimaafkan kalau ada kata-kata maupun perbuatan yg tidak berkenan, sengaja maupun tidak sengaja. Semoga kita bisa menjalani Ramadhan 2017 dengan lebih baik lagi. Aamiin3x.. 

Btw, kangen ngepost di blog dengan judul yang spesifik disertai gambar-gambar. Mau cerita banyak, tapi ya terkendala waktu, dan males juga transfer foto ke laptop hehe. Yah jadi tulisan aja lah ya.. Judulnya ini count down satu bulan lebih enam hari, menuju apa? Bukan, bukan tanggal nikah koq. Tapi tanggal ujian UKMPPD *jgler*. Kalo bagi mahasiswa kedokteran, pasti sudah sering denger UKMPPD yg dulu namanya UKDI. UKMPPD = Ujian Kompetensi Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter, sedangkan UKDI = Ujian Kompetensi Dokter Indonesia. Intinya sama, nguji mahasiswa KOAS biar bisa jadi dokter, dengan resmi menyandang dr. didepan namanya. 

Dulu waktu masuk FK tahun 2010, tahun 2016 adalah tahun yang ditunggu-tunggu. Karena kalo di UMY total studi kedokteran umum adalah 6 tahun; 4 tahun S1, 2 tahun profesi (koas). Alhamdulillah, koas udah kelar kemarin 25 Juni 2016, di UMY ada stase komprehensif, dimana selama 6 minggu kita jaga IGD buat "ngemix" kasus-kasus yang ditangani, ngga terkotak-kotak kayak stase sebelumnya. Misal stase anak, ya ngurusin pasien anak aja, kalo stase bedah ngurusin pasien bedah. Kalau stase kompre, dikasih kasus apa aja dikerjain, istilahnya latihan lah sambil nge re-call.  
Kalo di UGM/UII kayaknya ngga ada, mereka kalo habis semua rotasi stase langsung persiapan ujian. Kampusku aja nih yang sayaang banget sama mahasiswa nya biar pinter ditambahin 6 minggu. 

Dan sebelum lebaran kemarin kami ujian komprehensif, yang katanya kampus kalo ngga lulus, ngga boleh ngelanjutin ke UKMPPD Agustus nanti for the sake of akreditasi. Peraturan ini baru tahun ini, kalo tahun lalu belum ada. Which, ngga tahu deh nanti akhirnya gimana. Beneran ngga boleh ikut atau engga. 

Pengalaman gueeh, kemarin ujian kompre yang isinya OSCE (ujian praktek gitu) rasanya WOW abis. 2 hari sebelum OSCE, nginep terus di rumah temen padahal Kakak lagi pulang. Demi ujiaaan. Waktu hari H, aku dapet kloter pertama, isinya ada 14 stase, which is 14 kali masuk ruangan nanganin sebuah kasus. Eeeh bentar, dikorting ding, harusnya 12 stase, tapi 2 stase nya lagi ada stase PSKI = agama dimana diuji sholat jenazah, hafalan juz ama, ceramah, baca qur'an dst.. Secara.. UMY gitu loh, "Unggul dan Islami" ^_^ 

ok. Back ke ujian OSCE 12 stase tadi, tadinya gue bawa 2 bolpen di kantong jas, tadinya mau bawa 1 doang malah. Tapi buat jaga-jaga akhirnya bawa 2. Stase 1-12 aman, stase ke 13 waktu mau nulis resep, gue nyari di jas, kaga ada itu 2 bolpen. Untung di meja tertinggal seonggok bolpen, aman. Next stase ke 14... Lagi anamnesis, biasanya gue nulis tuh, paling engga identitas, biar kalo ngomong ke pasien bisa manggil namanya, sama keluhan utama nya dan lain-lain yg penting. Begitu mau nulis, gue baru inget, ga ada bolpen sama sekali di jas, di meja juga ngga ada bolpen, even bolpen temen yg ujian juga ga ada yg ketinggalan, ga kayak di stase sebelumnya.. Alhasil, tangan gue berlagak kayak lagi nulis dgn kertas dibawahnya *takut mati gaya diliat penguji*. Sampai pada pemeriksaan fisik masih aman, sampai ke diagnosis masih aman, nah ini yang terakhir ; nulis resep.

Udah ngga bisa berkutik lagi, demi waktu ujian yang cuma 10 menit. Kuberanikan diri ke meja penguji "Dokter, maaf saya boleh pinjem bolpen? Bolpen saya ketinggalan"
Langsung gue ambil 1 bolpen di meja nya, yang saat itu ada 2 jumlahnya. Dengan cepat, nulis resep dan edukasi sebelum bel selesai berbunyi. Dan meninggalkan ruang terakhir itu dengan nunduk-nunduk ke dokternya bilang terimakasih dan maaf.. Untung stase terakhir, kalo diawal udah kehilangan bolpen, ngga tau deh gimana...  

Okay, back to "Count Down -Satu Bulan Lebih Enam Hari-", pada intinya mohon do'a nya ya guys, bulan depan ujian. Semoga aman, nyaman, lancar hingga hari H, dan saat hari H dapat melaksanakannya dengan semaksimal mungkin.. 

CBT : 20-21 Agustus 2016
OSCE : 27-29 Agustus 2016

Save the date 
(Self Reminder)

Wassalamu'alaikum wr. wb.

1 komentar:

Yoedhis mengatakan...

semangaaat sarimiiiin