Halaman

Rabu, 28 Maret 2012

Waktu


http://25.media.tumblr.com/tumblr_m1huuwONIr1qd5jzoo1_500.jpg

Hoaam.. Saya ngetik sambil melihat buku yg seharusnya saya baca, LO yg seharusnya saya kerjakan, ataupun agenda yg seharusnya ditulis. Tapi lagi-lagi laptop mengalihkan duniaku. Dalam 1 hari, jujur, saya tidak bisa lepas dari laptop. Kalo masih ada hape android ku yang nyambung sama internet, itu masih bisa menggantikan. Tapi semenjak hpku hilang, laptop tiap hari selama lebih dari 5 jam bisa nyala. 

Sebenernya kasihan, kasihan sama laptop, kasihan sama listrik yang kesedot dan kasihan badan saya yang terlalu banyak terpapar elektronik dan wifi juga. Pernah denger dampaknya buruk. Tapi kadang ngga mau melihat realita kalo ternyata itu benar. 

Tapi keadaannya memang saya sedang membutuhkan laptop dan nyambung sama internet. Sedihnya kenapa kebiasaan ini belum bisa saya kurangi. Laptop dan internet bikin lupa waktu. Contoh ya hari ini atau hampir tiap harinya; saya pulang kampus (sore/malam) -- makan -- mandi -- shalat -- mantengin laptop. Seharusnya kalo mantengin laptop bisa dicoret, waktu saya ngga terlalu banyak terbuang seperti skrg yg baru efektif buat belajar pada jam diatas jam 10 malam. 

Kalo mantengin laptop emang ngapain sih Sar? Jujur aja deh. *Untuk introspeksi diri, belakangan ini yg sering saya kunjungi :  
1. FB
2. Twitter
3. Tumblr
4. Blogspot
5. Gmail
6. Outlook (jadi LO ITMSS) 
7. Editan Modul TBM ALERT
8. Browsing tugas
9. Download materi 
10. Chatting sama Kakak 
11. Surfing entah berantah (Lagu, Youtube, Materi kuliah)

Nah, liat kan parah banget yang jadi prioritas itu malah yg gak penting. Tapi kenapa selalu addicted buat buka website itu. Pertama sih rasanya me-refresh otak yg udah kumal biar fresh lagi untuk menerima kerjaan. Tapi itu bisa makan waktu 3 jam sendiri kalo saya hitung. Misal terhitung dari jam 7-10 malam. Jam 10 malam otak saya baru ngasih BELL "SARI, IT'S TIME TO STUDY"

Nah, seperti itu, pernah saya nyoba motong waktu 3 jam itu dengan langsung belajar. Hasilnya otak saya kesana kemari. Ngga fokus. Mungkin karena terbiasa, atau mungkin karena situasi di rumah masih rame akan ribut nya dapur, TV, dll. 

Tapi kalau besoknya MCQ, bisa 1 1/2 hari penuh mantengin buku MISC. Dan alhamdulillah bisa masuk. Jadi?? Inti nya?? 

LURUSKAN NIAT KALAU BELAJAR. 
Karena saya terlalu terbiasa, otak jadi terpatri, jam belajar jam 10. Sekarang aja jam setengah 12 saya masih nulis blog ini. Pengen deh bisa menghabiskan 24 jam dengan efektif. Gimana yaah? Coba buat yuk! 

4.30 - Bangun pagi, mandi, sholat Subuh
04.45 Baca Qur'an, berdo'a, dzikir 
05.10 Beres-beres kamar, buku, kalau bisa untuk belajar
06.10 Sarapan, bantu-bantu Mama 
06.35 Berberes untuk pergi ke kampus 
Biasanya masuk kuliah jam 07.30, berangkat dari rumah 07.10. Kalau ada praktikum, pasti pagi-pagi bisa tersedot untuk baca modul buat nyiapin pretest. 

Selanjutnya jam 07.30-17.30 biasanya saya habiskan di Kampus. 
Waktu yg sangat efektif sebenernya waktu di Kampus, kalau inget Dea, tmn SMA. Dia blg ke saya, dia kalo belajar hanya waktu di sekolah. *seingetku* Nah dan itu yg saya rasakan selama kuliah, lebih banyak waktu efektif di sekolah daripada di rumah. 

Tapi, dosen saya pernah bilang. Jangan mengandalkan pengetahuan dari kuliah, baca dari literatur/referensi lain. Salah seorang dosen radiologi yg sukses menurut saya, beliau pernah sekolah di luar negri, di Jerman. Kebiasaan belajar disana adalah membaca dan membaca. Beliau terbiasa  membaca beberapa lembar dalam sehari, dan itu beliau lakukan setiap hari. 

Bahan ujian yg keluar tidak terduga. Tidak seperti di Indonesia, yang mana bahan ujian pasti dari materi dosennya ATAU dari soal ujian tahun lalu. Kadang ada ketidakseimbangan. Ilmu akan lebih terpatri ketika kita belajar seperti beliau, tapi pada kenyataan nya kadang metode itu tidak cukup adjustable di metode belajar kita. 

Membayangkan 2 tahun lagi insya Allah saya koas. Koas itu sudah hampir dilepas, sudah punya embel-embel S.Ked. Bagaimana kalau tidak tahu tentang penyakit, tentang pengobatannya, tentang penanganannya. Haduuh.. Masih jauh jalan ini untuk jadi dokter. Saya masih belum siap. Masih ada 2 tahun untuk mengumpulkan dan melatih pengetahuan itu. 

Sudah kriyip kryiyp mata ini. Semoga masih kuat untuk beberapa jam lagi. 
Gut zu lesen , :D
  

2 komentar:

ronamentari mengatakan...

Loh loh, kok nasib kt sama? HP yg biasa buat tmnenin online hilang. Tinggal laptop yg jd tmn setia.

Setuju bgt sarr,, manfaatkan waktuu seefektif mungkinnn. Smg tiap langkah dan gerak kita, apapun bentuknya, bernilai ibadah di mata Allah.. aminn :)

EAS mengatakan...

wah hp mu juga ilang ron? ;( hmm, iya nih tinggal laptop yg setia..
iya sip, :D