Halaman

Kamis, 08 Januari 2009

Story Behind Bella`s Lullaby

Assalamu`alaikum

Buat yang pada udah baca atau nonton film Twilight mesti tau lagu Bella`s Lullaby. Yang Edward main piano buat Bella di rumahnya. Sebenernya kalo didengerin, ada beberapa backsound Twilight yang dari lagu Bella`s Lullaby itu, cuma paling sepotong-potong apa engga di improv sama alat musik lain. Nah yang nyiptain backsound-backsound itu, terutama Bella`s Lullaby itu adalah Carter Burwell.



Siapa dia? Yah ini aku ceritain aja ya dari website nya dia. Carter Burwell lahir tanggal 8 November 1955. Dia lulusan Harvard, dan kalo ga salah dia mempelajari 3 bidang, animation, electronic music, dan dia ngikutin kursus independent study di MIT Media Lab yang sekarang dikenalnya Architecture Machine Group. Setelah lulus, dia jadi guru di Harvard Electronic Music Studio.

Mulai tahun 1980`an dia mulai masuk ke dunia musik. Kalau sebelumnya, pekerjaannya masih berkaitan sama komputer dan animasi. Mulai tahun 1980 itu, dia mulai main bareng beberapa band, dan mulai nyiptain lagu buat film-film. Dan sekarang udah banyak banget film yang lagu-lagunya ciptaan Carter Burwell.

Beralih ke film Twilight lagi, lagu-lagu di Twilight menurutku keren-keren semua. Apalagi yang instrumental waktu pas adegan seru-serunya. Yang dari lagu OST Twilight nya aku paling suka Full Moon yang lagunya keputer kalo pada buka blogku, hwaha.

Cerita dibalik Bella`s Lullaby ciptaan Carter Burwell itu sebenernya gak diciptain dia untuk film Twilight. Tapi dulu dia pernah jatuh cinta sama seorang cewek, cewek itu ninggalin dia. Terus dia broken heart gitu dan nulis lagu.


April 2008, Carter ketemu sama Catherine Hardwicke- directornya Twilight. Catherine bilang Summit Entertainment minta ada scene tambahan, yang Edward main piano itu, soalnya pasti penonton pengen lihat bagian yang itu. Dalam screenplay yang sebenernya, gak ada scene itu. Tapi kan film gak harus detail banget toh, ntar jadi brapa jam itu kalo terlalu detail. Tapi akhirnya ditambahin juga scene yang itu.

Biasanya kan kalo kita lihat di film-film ada orang main piano atau main alat musik, tapi orangnya ga asli main beneran kan? Tapi di Twilight ini, Edward beneran mainin pianonya. Edward a.k.a Robert Pattinson emang udah bisa main piano. Jadi gak masalah.


Awal Juni, Carter pindah ke Los Angeles biar bisa kerja sama Catherine. Carter coba-coba nulis lagu, terus akhirnya dia nyoba nambahin lagu yang dulu dia buat waktu broken heart itu. Sebenernya judulnya juga bukan Bella`s Lullaby, kalo Carter & Catherine nyebutnya Love Theme. Dan memang cuplikan lagu Bella`s Lullaby emang di improv dan dipotong-potong di beberapa scene. Coba aja cari di Youtube, banyak backsound Twilight. Yang judulnya I dreamt Edward itu mirip dan kayaknya ada beberapa lagi tapi aku lupa. x)


Setelah itu, kerjaan Catherine & Carter terfokus sama Bella`s Lullaby. Dan Catherine memutuskan buat manjangin scene nya, dengan maksud tangannya Edward kelihatan. Tapi gak segampang itu, harus minta approval dari Summit Entertanment lagi. Akhirnya mereka berdua nunjukin lagu Bella`s Lullaby dari awal. Ternyata salah satu dari eksekutif Summit Entertainment ga suka sama lagunya. Terutama yang awalnya. Kalo kalian dengerin kan nada awalnya itu B flat. Nah eksekutifnya bilang gak cocok.


Carter dan keluarganya bakal liburan ke Maine dan balik lagi ke New York. Tetapi beberapa hari sebelum pulang, Carter dapet telfon dari Catherine, kalo Summit gak akan approve reshoot nya. Karena nada awalnya itu B flat. Hanya karena itu coba. Kata salah satu eksekutifnya itu, awalnya jangan pakai B flat, soalnya katanya anak remaja seneng yang simple and sweet.

Pada waktu Carter udah siap-siapin barang buat pindah lagi, ternyata Summit minta love theme yang baru. Dan banyak orang yang nyuruh Carter agar tetapi di LA buat lagunya. Tapi Carter gak mau dan dia bilang gak papa cari komposer baru.


Setelah sampe di Maine buat liburan sama keluarganya, malemnya dia nulis lagu lagi. Dan potongan-potongan lagunya dia kirim lagi ke Catherine. Ternyata semuanya di approve sama Summit. Kecuali bagian awal Bella`s Lullaby yang B flat. Sebenernya masalahnya, Carter dan Catherine itu pandangan terhadap lagunya sebagai Love Theme nya Bella & Edward. Sedangkan para eksekutif Summit mandangnya sebagai Bella`s Lullaby dan harus kecewek-cewekan yang sweet and simple itu. Summit Entertainment juga ngotot judulnya harus Bella`s Lullaby.

Carter tetep nyimpen bagian B flat nya di Bella`s Lullaby. Bagian yang dulu dia ciptain saat broken heart sama cewek yang sekarang jadi istrinya. Hahahahhaa.





7 komentar:

Anonim mengatakan...

Hm ...

Emang bgs ...
Top deh twilight 'n music nya ...

Jd pgn nonton lagi
Tp klo masalah kunci2 piano, kyknya gw angkat tgn ja deh... Msh blum ngerti ...

Hehehe....

_SiLent-kid_

EAS mengatakan...

hehehe iya 22nya keren,
saya dah nonton 2x masih pgn juga x) hahha,
btw silent-kid sp ya?

Yoedhis mengatakan...

wesss
dah kayak wikipedia aja nih

(gak paham mo komen apa)

EAS mengatakan...

haha keren toh dhes x)

Anonim mengatakan...

emang nih...

si empunya blog, saori, pengen ngalahin wikipedia...

hahaha....

ayo...

tambahin lagi posting nya....

^o^

btw, kamu jg tw kn sypa aku....

UR oLd friend....


_SiLent-kid_

ronamentari mengatakan...

Aduh, saya g ngeh.. :D, tp alutt buat sari dah nge BLOG dengan banyak kata! hhe

Green Lady mengatakan...

Wahhh, aq baru tau inihh, aq suka bangedd ama Bella's Lullaby tp emg awal nt jg rada kurang suka, bener tuch feeling ny summit, hahahaa...